Sponsor

Wednesday 23 March 2016

Cara mudah menulis cerpen bagi pemula, Mudah bangettt...


 http://cdn.jabarmerdeka.co/uploads/2015/10/5151730_20131201071543.jpg



Sungguh banyak sekali manusia-manusia didunia ini yang memiliki bakat dalam hal tulis –menulis. Mulai dari anak-anak samapai orang dewasa. Mulai dari yang amatir sampai yang sudah mahir. Ada yang sudah sangat paham dengan hal-hal yang berkaitan dengn tulis-menulis, bahkan ada yang belum paham sama sekali. Ada berbagai macam jenis tulisan yang bisa dihasilkan. Mulai dari artikel, cerpen, novel, puisi, hingga karya ilmiah. Namun kali ini saya akan menuliskan bagaimana Cara menulis cerpen dengan benar. Untuk menulis cerpen kita harus mengerti bagaimana cara menulis cerpen dengan benar. Cara menulis cerpen dengan benar sangatlah mudah. Hal itu sudah saya rangkum dalam beberapa point dibawah ini :
1.      Tentukan Tema
Ketika kita hendak menulis sebuah cerita. Khususnya cerita pendek. Hal yang pertama kali yang harus kita pikirkan adalah tema. Sebab tema akan menjadi sebuah pondasi dasar dalam setiap cerita. Contoh, misalnya kalian ingin menulis cerpen remaja. Tema yang kalian ambil haruslah berkaitan dengan kehidupan remaja. Misalnya percintaan, persahabatan, pergaulan bebas, DLL. Jadi hal yang harus ditentukan pertama kali dalam membuat cerpen adalah tema.
2.      Tentukan Sudut Pandang

Setelah kalian telah menemukan tema yang pas untuk cerita yang ingin kalian buat. Kalian kemudian harus memilih jenis sudut pandang dalam cerita tersebut. Kalo buat pemula si biasanya yang paling gampang adalah sudut pandang orang pertama pelaku utama. Yang artinya pelaku utama dalam cerita itu menggunakan kata aku. Selain sudut pandang orang pertama pelaku utama, sudut pandang yang mudah lain adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu. Dimana si penulis seakan-akan menceritakan orang utama dengan menggunakan kata dia. Dan si penulis pun memiliki pengetahuan sedalam-dalamnya dalam setiap karakter.

3.      Pilih Alur/Plot yang pas

Kemudian kalian harus menentukan alur dalam cerita yang akan kalian tulis. Alur adalah salah satu hal penting. Sebab dengan adanya alur sebuah cerita akan lebih mudah dipahami. Pemilihan alur dalam sebuah cerita dapat menentukan bagus-buruknya sebuah cerita. Biasanya untuk pemula, alur yang paling mudah adalah alur maju. Dimana si penulis menuliskan ceritanya dengan waktu yang terus maju dan mengalir. Namun jika kalian ingin menggunakan alur mundur flashback itu bisa saja. Namun akan sedikit lebih sulit. Saya si menyarankan untuk menggunakan alur maju saja jika baru pertama membuat cerpen.

4.      Karakter

Harusnya ini ada di point ketiga setelah penentuan sudut pandang. Tapi ga apa lah. Yaps,, salah satu hal yang penting dalam sebuah cerita adalah karakter. Dimana karakter adalah objek yang membuat sebuah cerita menjadi hidup. Kalian harus menentukan karakter-karakter yang akan kalian masukan kedalam cerita yang akan kalian tulis.

5.      Pemilihan konflik, klimaks, dan penyelesaian

Sebetulnya poin ini bisa saja dikerjakan ketika cerita yang ingin kalian tulis sudah mulai kalian tulis. Tapi akan lebih baik jika konflik dalam cerita yang akan kalian tulis sudah kalian tentukan sedari awal. Contoh, misalnya kalian ingin menggunakan konflik batin dalam cerita kalian. Kalian harus bisa menggambarkan bagaimana tersiksanya hati si karakter utama yang selalu dihianati oleh pacarnya. Dan konflik itu memuncak ketika si pelaku utama memergoki pacarnya dengan cowo lain. Tapi dengan berjalannya waktu. Si pelaku utama baru tau kalo cowo itu adalah teman dan hanya sebatas teman. Dan temannya itu selalu menasihati pacarnya si pelaku utama untuk selalu setia. Jadi usahakan cerita kalian itu memberikan kepuasan bagi pembaca.

6.      Pemilihan Bahasa

Usahakan kalian menggunakan bahasa yang ringan, renyah, dan enteng untuk dipahami dalam cerita yang kalian tulis. Sebab dengan bahasa yang mudah dipahami cerita kalian akan lebih menarik untuk dibaca. Meskipun konflik dan temanya kurang menarik tetapi bahasa yang kalian gunakan adalah bahasa yang enak dipahami cerita kalian akan menjadi lebih menarik dibanding cerita yang konfliknya seru tapi menggunakan bahasa yang berat dan terlalu baku.

7.      Pemilihan Judul

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah cerita adalah judul. Judul akan menjadi salah satu daya tarik utama dalam sebuah cerita. Usahakan kalian menentukan judul yang unik untuk cerita yang akan kalian tulis. Sebab yang pertama kali akan dibaca dari cerita yang akan kalian tulis adalah judulnya. Jadi usahakan judul cerita kalian itu unik dan menarik.

berikut ini adalah contoh-contoh cerpen koleksi saya : 

  1. Cerpen Hibernasi
  2. Cerpen Luluh
  3. Cerpen Pelangi Senja Part I


            Sekiranya itulah point-point yang harus kalian perhatikan jika kalian berniat untuk menulis sebuah cerita. Semoga sukses...

baca juga artikel saya yang lain yahh....
  1. Percakapan Lucu, dijamin Ngakak abissss,,,,,,
  2. Inilah!!! 4 alasan kenapa pria menyukai kopi
  3. INILAH 7 KEMUNGKINAN YANG BISA TERJADI TERHADAP BU...
  4. 6 Cara memiliki aura optimis
Sesekali kita harus ikut membangum bangsa...
  1. Kita Harus Menjadi Masyarakat Yang bermartabat!!!
  2. Sudah Saatnya Kita Bangkit 
  3.  Badut Perusak Negeri
  4. dimulai dari sebuah opini, organisasi remaja ini m...
  5. Indonesia Krisis Film Anak-anak
  6. Parah!! Bahasa-bahasa etnis indonesia terancam Pun...
  7. Madrasah Kalah Jauh Peminat Dari Sekolah Umum,, Ke...
Semoga Postingan kali ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi berkah,,,
Makasih Atas kunjungannya ya... :)
uhuyyyyyy.....

No comments: