Sponsor

Monday 21 March 2016

Hilangnya Kekanak-kanakan Anak Kecil, Salah Gadget atau sajian televisi???

http://roemahbajoechacha.net/wp-content/uploads/2015/08/Anak-dan-Permainan-Tradisional.jpg 

Masa kecil adalah masa yang paling berharga dalam kehidupan. Dimana dimasa itulah kita banyak belajar sambil bermain. Dimasa itu juga kita belajar untuk mulai bergaul bersama kawan. Menikmati hari demi hari dengan penuh kesenangan dan kebahagiaan yang termanifestasi dalam berbagai bentuk permainan. Tapi zaman sekarang ini agaknya sudah jarang kita menemui anak-anak yang bergerumung/bergerombol untuk bermain bersama. Jarang sekali kita menemukan sekumpulan anak kecil yang bersama-sama membuat sebuah mainan dari barang sederhana. 

Kebanyakan anak-anak jaman sekarang telah menggantikan kesenangan bersama kawan dengan kesenangannya bersama sebuah GADGET super canggih yang mereka miliki. Kini mereka tidak lagi diajarkan untuk bergaul dalam sebuah permainan. Mereka tidak menemukan nilai-nilai kehidupan dalam permainan yang mereka mainkan. 

Padahal jika ditinjau dari segi filosophis permainan-permainan kampung di era 70-90an itu sangatlah syarat akan makna. Dimana didalam setiap permainan itu diajarkan budaya gotong royong dan kerjasama yang begitu kental. Contohnya seperti permainan galasin yang sangat membutuhkan kerjasama dan pastinya mengajarkan mereka untuk mampu bersinergi satu sama lainnya. Permainan Taplak yang mengajarkan mereka mencapai puncak kehidupan langkah demi langkah, atau permainan petak umpet yang mengajarkan mereka bagaimana caranya mencari kawan dan mengumpulkan kawan. Selain segi permainan yang mendidik dan menyenangkan. Anak-anak dimasa 70-90an itu mendapati sajian televisi yang penuh akan edukasi. Kartun-kartun yang mendidik. Sajian komedi yang cerdas. Bukan seperti zaman sekarang yang sajian televisi sudah banyak yang tidak mendidik. Anak-anak bukan lagi menonton kartun untuk usianya melainkan disajikan sinetron alay yang mengajarkan budaya hidup glamour dan mewah, dan ini sangatlah bertentangan dengan etika dan norma bangsa indonesia.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi065qPEA1vTv_kMsjGCbLdUQksJwAd13tdsVtvYQNUSr3m_85QCrtsliWWM4sK9rW4-N7PsjA7JX3Sv5ssnTbi3pKg3Or4GYhoIfVKfnw9Ao8kNQI-YeTb7duVHw7uBT4H0XH190nElHs/s1600/3.JPG

Jika dibiarkan secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan bangsa ini tidak memiliki regenerasi yang cerdas melainkan generasi yang bobrok, bukan lagi generasi yang menyokong asas gotong royong melainkan bersikap individualis. Bukan lagi generasi cekatan yang kreatif tetapi melahirkan generasi yang pasif dan malas. Dan mungkin saja generasi Indonesia di tahun-tahun berikutnya akan tidak mengenali budaya-budaya bangsanya sendiri. Tidak lagi mengenal permainan tradisional bangsanya. Dan yang lebih parah, bisa saja bangsa kita akan melahirkan generasi tak berbudaya.

Itulah betapa pentingnya kita mengingat masalah ini. Gadget memanglah membantu jika dimanfaatkan secara benar. Tapi usahakan kenali anak-anak dan adik-adik kita kepada budaya bangsanya terlebih dahulu, baru kemudian dikenalkan dengan gasget dan tentunya dengan pengawasan yang besar. Ajarkanlah anak-anak dan adik-adik kita permainan yang menimbulkan asas kebersamaan dan gotong royong, bukan malah dikenalkan dengan permainan yang mendoktrin otak anak dan adik kita untuk senantiasa berperang dan menghancurkan negara orang lain.

Terima kasih atas kunjungannya.....
baca juga artikel penulis yang lain dibawah ini :

Baca Juga Artikel saya yang lain...
Sekarang buat refreshing baca ini aja gan...
  1. Percakapan Lucu, dijamin Ngakak abissss,,,,,,
  2. Inilah!!! 4 alasan kenapa pria menyukai kopi
  3. INILAH 7 KEMUNGKINAN YANG BISA TERJADI TERHADAP BU...
  4. 6 Cara memiliki aura optimis
  5. Cara menjadi Wibawa 
Sesekali kita harus ikut membangum bangsa...
  1. Kita Harus Menjadi Masyarakat Yang bermartabat!!!
  2. Sudah Saatnya Kita Bangkit 
  3.  Badut Perusak Negeri
  4. dimulai dari sebuah opini, organisasi remaja ini m...
  5. Indonesia Krisis Film Anak-anak
  6. Parah!! Bahasa-bahasa etnis indonesia terancam Pun...
  7. Madrasah Kalah Jauh Peminat Dari Sekolah Umum,, Ke...
Semoga Postingan kali ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi berkah,,,
Makasih Atas kunjungannya ya... :)
uhuyyyyyy.....


Yapsss,,, Indonesia adalah negeri yang berbudaya... kita harus menjaga budaya itu akan tetap ada.

No comments: